Adopsi Pohon di Taman Buru Masigit Kareumbi “Think Globally, Act Locally”

Perubahan iklim telah menjadi isu global yang menjadi perhatian dunia setidaknya dalam satu dekade terakhir ini. Fenomena yang dipicu oleh semakin meningkatnya suhu permukaan bumi dari tahun ke tahun sebagai akibat dari penggunaan bahan bakar fosil yang terus menerus serta degradasi hutan yang semakin meningkat, telah membuka mata dunia untuk segera melakukan aksi untuk menurunkan emisi gas rumah kaca.

Kehutanan sebagai salah satu sektor yang selama ini dianggap sebagai ‘penyumbang’ emisi gas rumah kaca perlu terus berupaya agar target Pemerintah RI dalam menurunkan emisi gas rumah kaca sebesar 29% sampai dengan tahun 2030 dapat terealisasi. Salah satu kegiatan yang dalam beberapa tahun terakhir digaungkan adalah kegiatan penanaman pohon secara massive  di lahan milik negara maupun lahan milik masyarakat. Seperti halnya penanaman yang dilaksanakan di Taman Buru Masigit Kareumbi dan telah dimulai sejak beberapa tahun yang lalu. Penanaman yang berlabel “Adopsi Pohon” ini dilakukan oleh berbagai pihak yang peduli akan kelestarian kawasan Taman Buru Masigit Kareumbi yang terletak di Kab. Bandung dan Kab. Sumedang, Provinsi Jawa Barat.

Salah satu pihak yang peduli tersebut adalah Yayasan Danamon Peduli yang memiliki komitmen untuk berkontribusi dalam melestarikan lingkungan dan ekosistem, mengurangi dampak perubahan iklim serta meminimalisir terjadinya bencana melalui pengembalian fungsi hutan.

Oleh karena itu, pada tanggal 30 Januari 2018, Yayasan Danamon Peduli bersama-sama dengan Balai Besar KSDA Jawa Barat dan Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri, melakukan adopsi dan penanaman 3.000 pohon yang terdiri dari 33 jenis tanaman endemik khas Jawa Barat di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Penanaman yang dilakukan tersebut merupakan sumbangsih berarti pada bumi sebagai tempat tinggal kita, walaupun dalam scope yang relatif kecil. Bisa dibayangkan jika semakin banyak orang/organisasi yang tersadarkan untuk turut menanam pohon, maka planet ini beserta penghuninya akan nampak lebih ceria lagi. Jadi kata kuncinya adalah bolehlah kita memikirkan hal-hal besar, tapi bertindaklah secara lokal. Think globally, act locally.