AKSI BERSIH SAMPAH ALA KOMUNITAS GPRI DI TWA GUNUNG GUNTUR

Garut, 19 Maret 2019

Sebagai generasi muda yang menyukai kegiatan Outdoor dan mencintai lingkungan, Generasi Pendaki Rescue Indonesia Jakarta Selatan atau lebih dikenal dengan GPRI Jakarta Selatan, menginisiasi penyelenggaraan Operasi Semut (Operasi Bersih)  di TWA Gunung Guntur Garut pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 16 – 17 Maret 2019.

Mengawali acara, Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut, Puwantono memberikan pembekalan kepada 60 orang peserta termasuk panitia di Basecamp Villa Guntur Sari Kelurahan Pananjung, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut. Kegiatan ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen moral serta tanggung jawab terhadap dampak aktivitas wisata di TWA Gunung Guntur.

Sesampainya di Pos 3 panitia mengadakan sesi diskusi dan dialog serta sharing pengalaman mengenai penanganan sampah serta menghimbau agar setiap pendaki dapat secara sadar membawa kembali sampah bawaannya keluar kawasan.

Dukungan para pihak seperti GPRI Jakarta Selatan memberikan kontribusi positif bukan saja terhadap kawasan, melainkan juga terhadap kinerja Balai Besar KSDA Jawa Barat dalam mempromosikan program konservasi berupa aksi bersih gunung. Selama 2 hari, sedikitnya 205 kg sampah berhasil dikumpulkan oleh GPRI dalam 27 trashbag yang disediakan oleh panitia di sepanjang jalur pendakian pos 3. Selanjutnya, sampah yang berhasil dibawa keluar dikumpulkan di halaman Basecamp Villa Guntur Sari untuk diangkut ke TPA Pasir Bajing.

Di akhir kegiatan, GPRI Jakarta Selatan  memberikan piagam penghargaan kepada Seksi Konservasi Wilayah V karena telah turut serta dalam menyukseskan kegiatan Operasi Semut. Tak lupa atas nama Balai Besar KSDA Jawa Barat, Purwantono menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada GPRI atas kepeduliannya terhadap pengelolaan sampah pengunjung di TWA Gunung Guntur.