Bakti Pramuka Bagi Alam Di Suaka Margasatwa Sindangkerta

Sebagai salah satu bentuk pengamalan dari Dasa Dharma Pramuka, yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, para Pramuka di Tasikmalaya melakukan aksi bersih-bersih pantai di Suaka Margasatwa Sindangkerta pada tanggal 26 November 2017.  Kegiatan positif ini dilakukan oleh Pramuka yang berasal dari Kwartir Cabang Tasikmalaya bekerja sama dengan Balai Besar KSDA Jawa Barat, BPBD Tasikmalaya, serta relawan penanggulangan bencana Indonesia.

Aksi bersih-bersih ini merupakan bentuk kepedulian dari para Pramuka di Tasikmalaya terhadap kelestarian alam dan keanekaragaman hayati, khususnya di SM Sindangkerta. Di samping itu, kegiatan tersebut juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat yang berada di sekitar SM Sindangkerta untuk senantiasa menjaga kebersihan pantai yang juga menjadi tempat bertelurnya berbagai jenis penyu tersebut.

Di akhir kegiatan, para peserta berkesempatan untuk melepasliarkan sedikitnya 100 ekor tukik ke habitatnya. Pelepasliaran penyu tersebut sekaligus menjadi simbol bahwa para Pramuka siap untuk menjadi Pandu yang menjaga kelestarian alam serta keanekaragaman hayati di Indonesia.