Bukan Hanya Kucing hutan dan Kukang, tapi ada Buaya muara juga Lhoo…

Setelah Kucing hutan dan Kukang yang diserahkan oleh masyarakat kepada BBKSDA Jawa Barat melalui Tim Gugus Tugas Penyelamatan dan Evakuasi Tumbuhan dan Satwa Liar, kali ini BBKSDA Jawa Barat menerima penyerahan sukarela seekor Buaya muara (Crocodylus porosus). Satwa yang dilindungi tersebut diserahkan oleh Suryaman seorang warga Kampung Tanjung Kidul Tarogong Kaler Garut kepada kepada Tim Gugus Tugas Penyelamatan dan Evakuasi TSL Seksi Konservasi Wilayah V Garut pada hari Rabu, 17 Januari 2018 sekitar pukul 11.05 WIB.

Dari penuturannya buaya tersebut diperoleh dari Sungai Cibaluk Desa Sagara Garut setahun yang lalu. Walaupun selama setahun dalam pemeliharaan Suryaman buaya berjenis kelamin betina tersebut hanya diberi pakan jangkrik hidup, namun kondisinya pada saat penyerahan dalam kondisi sehat. Dengan mempertimbangkan konsep kesejahteraan satwa, dihari yang sama sesaat setelah penyerahan, buaya tersebut dititiprawatkan di Lembaga Konservasi Cikembulan Garut.

Terlepas dari latar belakang penyerahan buaya tersebut oleh Suryaman ke BBKSDA Jawa Barat, sudah selayaknya upaya penyerahan satwa tersebut patut dijadikan contoh baik oleh semua lapisan masyarakat.