Call Center SKW I Serang BBKSDA Jabar Respon Pengaduan Kepemilikan 2 ekor Kakatua Besar Jambul Kuning

Pada hari Jumat tanggal 22 Juni 2018, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan Satwa Liar (TSL) Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Serang telah menindaklanjuti adanya informasi dari masyarakat melalui call center SKW I Serang bahwa ada seorang warga yang memiliki/memelihara satwa dilindungi Undang-undang berupa burung Kakatua besar jambul kuning di wilayah kota Cilegon.

Berbekal informasi dan alamat yg diberikan oleh pelapor, kemudian Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW I Serang bergerak menuju alamat yang di maksud untuk memastikan kebenaran informasi tersebut. Sesampai di lokasi Tim Gugus Tugas di terima oleh pemilik rumah dan benar di rumah tersebut dijumpai adanya 2 ekor burung Kakatua besar jambul kuning.

Setelah di beri pemahaman dan pendekatan secara persuasif bahwa satwa tersebut adalah dilindungi dan ada konsekuensi hukum apabila memelihara tanpa adanya dokumen legalitas, maka kemudian pemilik mau menyerahkan secara sukarela satwa tersebut kepada Negara melalui SKW I Serang. Adapun identitas pemilik berinisial IS (43 th), pekerjaan wiraswasta dengan alamat di Jl. Pagebangan Kota Cilegon.

Satwa yg berhasil diamankan berupa 2 ekor burung Kakatua besar jambul kuning (Cacatua galerita), jenis kelamin jantan dan betina, sehat serta umur sekitar 2,4 th (menurut pengakuan pemilik). Selanjutnya satwa tersebut kami evakuasi dan diamankan di kantor SKW I Serang, yg selanjutnya rencananya besok akan dititip rawatkan di Lembaga Konservasi Animal Sanctuary Trust Indonesia (ASTI) Gadog – Bogor.