Dalam Sehari Dua Ekor Kukang Jawa Diserahkan Masyarakat

Bandung, 18 Maret 2019.

Gelombang penyerahan secara sukarela satwa liar dilindungi kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL Balai Besar KSDA Jawa Barat terus terjadi. Hari ini, Senin 18 Maret 2019, sebanyak dua ekor kukang jawa (Nycticebus javanicus) diserahkan oleh masyarakat di dua tempat berbeda.

Di Ciamis, Wiwin Windayani, seorang warga Cikoneng Ciamis menyerahkan seekor kukang jawa dewasa berjenis kelamin jantan. Menurut pengakuan Wiwin, satwa liar yang terkenal dengan gerakannya yang lambat tersebut ditemukan di depan rumahnya kemarin malam. Sampai akhirnya dia tergerak untuk menghubungi call center Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW VI Tasikmalaya.

Secara fisik kukang jawa tersebut dalam keadaan sehat dan saat ini satwa tersebut diamankan di kantor Bidang KSDA Wilayah III Ciamis, sambil menunggu pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan. Selanjunya, satwa dilindungi tersebut rencananya akan direhabilitasi di lembaga konservasi.

Di tempat lain, tepatnya di Kota Serang, seekor kukang jawa diserahkan oleh seorang warga Kasemen, Kota Serang bernama Erik Nuradiansyah kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW I Serang, setelah sebelumnya yang bersangkutan mengontak call center SKW I Serang.

Selanjutnya, satwa liar dilindungi yang juga dikenal dengan nama Malu-Malu ini diamankan ke Kantor SKW I Serang untuk diperiksa dan dirawat lebih lanjut, sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

Penyerahan dua ekor satwa dilindungi terebut menunjukkan bahwa kegiatan kampanye dan sosialisasi mengenai pelestarian TSL dilindungi telah menggugah kesadaran masyarakat untuk turut serta melestarikan satwa liar dilindungi, salah satunya dengan tidak memperdagangkan ataupun memelihara secara illegal satwa liar dilindungi tersebut.

(Sumber: SKW I Serang dan SKW VI Tasikmalaya)