Di Awal Bulan Mei 2018, BBKSDA Jabar Kebanjiran Penyerahan Satwa

Kali ini giliran Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW IV Purwakarta mendapat penyerahan sukarela satwa liar yang dilindungi Undang-undang, setelah sebelumnya Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW lingkup Balai Besar KSDA Jawa Barat bergantian mendapat penyerahan sukarela satwa liar yang dilindungi Undang-undang dari masyarakat.

Kamis, 10 Mei 2018 sekira pukul 13.30 WIB, sebanyak 5 ekor satwa liar yang dilindungi UU yang terdiri dari sepasang Binturong (Arctictis binturong), Ular Sanca Bodo Albino (Python molurus)  jantan sebanyak 1 (satu) ekor,  Beo Nias (Gracula religiosa) sebanyak 1 (satu)  ekor dan Burung Bangau Sandanglawe (Cicobia episcopus) sebanyak 1 (satu)  diserahkan secara sukarela dari masyarakat yang berinisial AH, umur 32 tahun, pekerjaan wiraswasta beralamat di Purnawarman Selatan RT 053 RW 013 Ds. Sindangkasih Kec. Purwakarta Kab. Purwakarta kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW IV Purwakarta

Menurut pengakuan AH satwa Binturong merupakan hibah dari daerah Jawa Tengah, sedangkan satwa lainnya dibeli dari masyarakat sekitar yang sengaja datang ke lokasi perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja, yang selanjutnya dipelihara untuk sementara dan akhirnya diserahkan kepada negara.

Saat ini satwa-satwa tersebut dititiprawatkan di Kebun Binatang Bandung untuk mendapat perawatan dan rehabilitasi.