Giliran Ular King Kobra Diserahkan ke BBKSDA Jabar

Kamis, 26 April 2018 sekitar pukul 09.00 WIB telah dilakukan penyerahan satwa liar dari masyarakat berinisal AS warga Dusun Cijurey RT 003 RW 004 Kelurahan Kujangsari Kec. Langensari Kota Banjar kepada Tim Gugus Tugas Evakuasi dan penyelamatan TSL SKW VI Tasikmalaya, Bidang KSDA Wilayah III Ciamis. BBKSDA Jawa Barat, yaitu 1 ekor Ular King Kobra (Ophiophagus hannah) dewasa panjang 4,3 meter dalam keadaan sehat.

Menurut pengakuan yang bersangkutan, satwa tersebut diperoleh 2 (dua) minggu yang lalu yaitu pada hari Kamis tanggal 12 April 2018 sekitar jam 12.00 WIB, dengan cara ditangkap pada saat ular tersebut berkelahi dengan Ular Sanca ditengah jalan dan mengganggu lalu lintas, tepatnya di Jalan Siliwangi depan Situs Singa Berbangsa – Banjar. Sebelum diserahkan kepada Negara, satwa tersebut dititiprawatkan di komunitas reptil Ciamis selanjutnya satwa tersebut diserahkan kepada Negara untuk dapat dilepasliarkan kembali ke habitatnya.

Saat ini satwa tersebut diamankan di kantor Bidang KSDA Wilayah III Ciamis, sambil menunggu pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan dan selanjutnya rencananya akan dilepasliarkan di Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis.

Penyerahan diatas, menggambarkan meningkatnya kepedulian dan kesadaran masyarakat terhadap hidupan satwa liar, harapan akan lestarinya satwa liar seakan menunjukkan titik terang.