In House Training Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar BBKSDA Jabar

Sejak awal tahun 2017, Balai Besar KSDA Jawa Barat telah membentuk Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar yang tersebar di seluruh Seksi Konservasi Wilayah lingkup Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Pada hari Kamis dan Jumat (26-27 Juli 2018) bertempat di Hotel De Java Bandung, Balai Besar KSDA Jawa Barat telah mengadakan kegiatan dalam upaya meningkatan kapasitas sumber daya manusia Tim Gugus Tugas yaitu dengan melaksanakan In House Training Pengenalan Jenis Dan Penanganan Tumbuhan Dan Satwa Liar yang dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari unsur  BBKSDA Jawa Barat, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat & Banten dan Balai Tahura Ir. Djuanda. Kegiatan ini menghadirkan 7 (tujuh) narasumber dari berbagai stakeholder yang berkompeten dalam mendukung pengelolaan TSL di Jawa Barat, diantaranya:

  1. Direktorat Konservasi Keanekaragaman Hayati dengan Topik : Kebijakan Manajemen Pengelolaan Tumbuhan dan Satwa Liar.
  2. Formata sekaligus Widyaiswara Pusdiklat KLHK Bogor dengan Topik : Penanganan Konflik Macan Tutul.
  3. Widyaisawara Pusdiklat KLHK Bogor dengan Topik : Metode Pengenalan dan Identifikasi Jenis Reptil.
  4. Yayasan Pribumi Alam Lestari dengan Topik : Teknik dan Metode Pengenalan Jenis Burung.
  5. Yayasan IAR Indonesia dengan Topik : Pengenalan Jenis dan Penanganan Kukang.
  6. The Aspinall Foundation dengan Topik : Teknik dan Metode Pengenalan dan Penanganan Primata.
  7. Yayasan Margasatwa Tamansari Kebun Binatang Bandung dengan topik : Teknik Handling satwa liar.

Selain penyampaian materi diatas, pada kesempatan yang sama peserta juga dikenalkan mengenai teknik handling satwa berikut pengenalan perlengkapan peralatan handling oleh pihak Kebun Binatang Bandung.

In house training ini dilaksanakan mengingat akan tugas dari Tim Gugus Tugas Evakuasi Dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar, dimana Tim Gugus Tugas ini sedikitnya  mempunyai  3 tugas utama antara lain melakukan Pra-kondisi yang meliputi Sosialisasi dan edukasi, tugas kedua yaitu pelaksanaan yang mencakup evakuasi, translokasi, penitipan dan realease, serta tugas ketiga yaitu melakukan publikasi dan pengelolaan data base. Sehingga untuk mendukung pelaksanaan ketiga tugas tersebut dibutuhkan personil-personil yang mempunyai kemampuan dalam pengenalan jenis dan penanganan tumbuhan dan satwa liar.

Dengan demikian diharapkan dengan adanya in house training ini diharapkan peserta yang sebagian besar sebagai anggota Tim Gugus Tugas dapat melaksanakan tugas di lapangan lebih professional lagi.