Kokosrek “Trashbag Community” di Gunung Guntur Garut

Garut, hari Jum’at – Sabtu tanggal 17 – 18 Agustus 2018 “Trashbag Community” (Komunitas Peduli Sampah Gunung) DPC Bekasi, telah menyelenggarakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Kokosrek Gunung (Sapu Bersih) dan Edukasi Pendaki di TWA Gunung Guntur dan CA Kawah Kamojang.

Acara dibuka oleh Kepala Bidang KSDA Wilayah III Ciamis dan pemberian sambutan sebelum peserta diberangkatkan pendakiannnya ke Gunung Guntur dan diikuti oleh sebanyak 80 (delapan puluh) orang peserta dan panitia.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan diskusi/dialog dan sharing pengalaman dengan Volunteer Gunung Guntur mengenai topik dan narasumbernya yaitu:

  1. Etika pendakian di Indonesia dan Australia dan dampak bagi konservasi alam (Marsya C. Sibarani – Tambora Muda).
  2. Minimalisir penggunaan barang yang menghasilkan sampah dan dampak untuk konservasi alam (Farwiza Farhan – Yayasan Hutan, Alam dan Lingkungan Aceh).

Sebagai wujud kepedulian dan komitmen moral bahwa tanggung jawab sampah Gunung Guntur merupakan tanggung jawab bersama, karena Gunung Bukan Tempat Sampah. Dari kegiatan itu berat sampah yang terkumpul sebanyak 90,48 kg dengan komposisi plastik kemasan (40%), botol plastik (30%), tisue basah (6%), puntung rokok  (10%), kertas (8%), botol kaca (1%), stereofoam (1%), kaleng (2%), dan kain (2%).

Lokasi yang menjadi sasaran opsih yaitu Puncak 1 (1 trashbag), Pos 3 (10 trashbag), Pos 2 (6 trashbag), dan Pos 1 (12 trashbag) yang menjadi tempat konsentrasi pengunjung, ditambah dari sampah yang terkumpul di sepanjang jalur sebanyak 6 trashbag.  Dengan demikian total terkumpul 35 trashbag yang terdiri dari 20 kantong plastik dan 15 karung.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mensupport BBKSDA Jabar dalam memperingati Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) yang mendapat dukungan dan partisipasi dari Direktorat Pengelolaan Sampah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan menghadirkan personilnya di lokasi.

Acara ditutup oleh Kepala Seksi Konservasi Wilayah V Garut disertai penyampaian ucapan dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pihak penyelenggara atas kepeduliannya terhadap sampah pengunjung di Gunung Guntur.