Kucing Hutan dan Lutung

Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW VI Tasikmalaya, Bidang KSDA Wilayah III Ciamis BBKSDA Jabar, pada hari Rabu tanggal 08 Agustus 2018 sekitar pukul : 9.15 WIB telah menerima penyerahan satwa liar dilindungi undang-undang dari masyarakat berinisial DS yang beralamat di RT/RW 002/004 Kelurahan Cipawitra Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya yaitu (satu) ekor anakan Kucing Hutan (Prionailurus bengalensis) berjenis kelamin jantan. Menurut pengakuan yang bersangkutan bahwa Kucing hutan tersebut baru diperoleh satu minggu yang lalu.

Sedangkan pada hari Jum’at tanggal 10 Agustus 2018 sekitar pukul : 08.00 WIB telah menerima penyerahan 1 (satu) ekor Lutung (Trachypitecus auratus) jantan dari masyarakat berinisial S yang beralamat di RT/RW. 01/01 Desa Margaluyu Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis, dimana menurut pengakuan yang bersangkutan bahwa Lutung tersebut diperoleh dari pinggir jalan.

 

Saat ini kedua satwa tersebut diamankan di kantor Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya, sambil menunggu pemeriksaan kesehatan oleh dokter hewan dan untuk selanjunya rencananya akan direhabilitasi di lembaga konservasi.