Lagi, Tukik-Tukik Penyu Hijau Memulai Kehidupan Baru di Pantai Suaka Margasatwa Cikepuh

Suaka Margasatwa Cikepuh di Sukabumi adalah salah satu Kawasan Konservasi dibawah pemangkuan Seksi Konservasi Wilayah II Bogor Bidang KSDA Wilayah II Bogor Balai Besar KSDA Jawa Barat, dimana salah satu pantai di SM Cikepuh tersebut merupakan lokasi potensial untuk pendaratan dan bertelur Penyu hijau, untuk mengamankan telur-telur tersebut dari predator dan perburuan liar, petugas SM Cikepuh selalu memindahkannya ke tempat penetasan semi alami yang terdapat di SM. Cikepuh dan menunggu telur-telur tersebut menetas.

Hasil dari semua itu, pada hari Senin tanggal 9 Oktober 2017 sebanyak 232 ekor tukik Penyu hijau dilepasliarkan di 2 (dua) tempat yang berbeda, yaitu : 50 ekor tukik dilepasliarkan di Blok Cibulakan dan 182 ekor tukik dilepasliarkan di Blok Citirem.

Pada hari selanjutnya, tepatnya hari Selasa tanggal 10 Oktober 2017, petugas Resort Konservasi Wilayah Suaka Margasatwa Cikepuh kembali melepasliarkan tukik Penyu hijau sebanyak 325 ekor di Blok Citirem.

Pelepasliaran tukik Penyu hijau diatas adalah pelepasliaran yang kesekian kalinya, berdasarkan catatan petugas Resort Konservasi Wilayah Suaka Margasatwa Cikepuh, jumlah tukik Penyu hijau yang telah dilepasliarkan di SM. Cikepuh periode 01 januari 2017 s/d tgl 10 Oktober 2017 adalah sebanyak 1.815 ekor.

Semoga dari sekian banyak tukik Penyu hijau yang dilepasliarkan dapat menjadi cikal bakal lestarinya Penyu hijau