Lima Puluh Ekor Tukik Penyu Hijau Dilepasliarkan Di Kawasan Suaka Margasatwa Laut Sindangkerta

Pada tanggal 4 Nopember 2017,  Seksi Konservasi Wilayah VI  Tasikmalaya, Bidang KSDA Wilayah III Ciamis, Balai Besar KSDA Jawa Barat bersama-sama dengan PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Tasikmalaya, telah melepasliarkan Tukik Penyu hijau di kawasan Suaka Margawsatwa Sindangkerta Tasikmalaya sebanyak 50 ekor.

Acara pelepasliaran ini selain merupakan kegiatan program rutin yang dilaksanakan oleh Balai Besar KSDA Jawa Barat, juga sekaligus sebagai rangkaian acara dari Pertamina Pertamax Enduro Jelajah Energi Negeri 2017.

Kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian Penyu Hijau tersebut, dihadiri oleh Kepala SKW VI Tasikmalaya dan Staf, Kepala Operasional PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Tasikmalaya dan Staf, Manajer Area CSR & SMEPP JJB dan Peserta dari Pertamina Pertamax Enduro Jelajah Energi Negeri 2017.

Dalam sambutannya pada acara seremonial pelepasliaran tersebut, kepala SKW VI Tasikmalaya memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi tinggnya kepada pihak pertamina yang telah berperan aktif dalam upaya pelestarian penyu hijau di SM. Sindangkerta serta mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat di tindaklanjuti dalam bentuk kerjasama. Sementara itu Kepala Operasional PT Pertamina (Persero) Terminal BBM Tasikmalaya dalam sambutannya memberikan apresiasi kepada Balai Besar KSDA Jabar yang telah memberikan kesempatan untuk melepasliarkan Penyu hijau pada acara Pertamina Pertamax Enduro Jelajah Energi Negeri 2017 dan menyambut baik terhadap rencana kerjasama tersebut. Pada kesempatan yang sama Manajer Area CSR & SMEPP JJB menyampaikan kesiapannya untuk mendukung kegiatan pelestarian  penyu Hijau di SM Sindangkerta tersebut melalui program peduli lingkungan Pertamina.

Pelestarian Penyu di SM Sindangkerta merupakan tanggung jawab tidak hanya oleh pemerintah namun semua pihak. Dengan kepedulian PT. Pertamina (Persero) Terminal BBM Tasikmalaya melalui peran aktif dalam upaya Pelestarian Penyu di SM. Sindangkerta patut diberikan pengahargaan sehingga dapat menjadi pendorong bagi perusahaan lainnya.

Akhirnya semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dan Ayo kita jaga serta lestarikan SM. Sindangkerta.