Mengenalkan Konservasi Sejak Dini Di Pesantren

Pada hari Rabu, 21 Maret 2018 dan Kamis, 22 Maret 2018; berturut-turut Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya, telah melaksanakan kegiatan penyuluhan kepada siswa-siswi dan pramuka Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya dan Santri Pecinta Alam (SATPALA) Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Persis Kota Tasikmalaya, dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang Konservasi Sumber Daya Aalam dan Ekosistem serta pengenalan Tumbuhan dan Satwa Liar yang dilindungi Undang-undang sehingga dapat menumbuh kembangkan kesadaran sejak dini kepada para pelajar.

Kegiatan penyuluhun ini merupakan salah satu program dari BBKSDA Jawa Barat dalam menyebarluaskan informasi tentang KSDAE dan Tumbuhan dan Satwa Liar baik di kawasan In-situ maupun Ek-situ, selain itu bertujuan untuk mengajak masyarakat ikut berperan aktif dalam kegiatan konservasi.

Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya BBKSDA Jabar dalam sambutannya memperkenalkan tentang tugas pokok dan fungsi serta mengajak untuk dapat bekerjasama dalam kegiatan KSDAE

Sementara itu sebagai acara inti dilakukan pemberian materi tentang KSDAE dan pengenalan Tumbuhan dan Satwa Liar yang dilindungi oleh petugas PEH. Selanjutnya untuk menambah wawasan pelajar, disampaikan juga materi perundang-undangan tentang kehutanan oleh Polhut Resor Gunung Sawal.

Kegiatan ini mendapat respon yang baik dari pihak sekolah serta siswa siswi dan pramuka juga sangat antusias menerima materi yang disampaikan pemateri.

Manusia diberi amanah oleh Sang Pencipta untuk memelihara dan menjaga bumi ini dari kerusakan, oleh karenanya sebagai khalifah di bumi ini, kita mempunyai kewajiban untuk menjaga sumber daya alam supaya tetap lestari.