Meningkatkan Partisipasi Dan Kemitraan Masyarakat Melalui Pembentukan Masyarakat Mitra Polhut Di Pangandaran

Pananjung Pangadaran yang dikelola oleh Balai Besar KSDA Jawa Barat merupakan destinasi wisata pantai yag sangat populer di pesisir selatan Jawa Barat. Kawasan ini terdiri dari Cagar Alam (CA) Pangandarann, Cagar Alam Laut (CAL) Pangandaran dan Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran. Dalam menjaga dan melestarikan kawasan tersebut tidak hanya dilakukan oleh pemerintah dalam hal ini Balai Besar KSDA Jawa Barat saja tetapi diperlukan peran aktif masyarakat khususnya masyarakat sekitar.

Dalam rangka meningkakan peran aktif dan partisipasi masyarakat sekitar kawasan tersebut, maka pada tanggal  tanggal 31 Juli 2018 Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya Bidang KSDA Wilayah III Ciamis Balai Balai Besar KSDA Jabar telah melaksanakan kegiatan Pembentukan Masyarakat Mitra Polhut  (MMP) yang bertempat di Hotel Sinar Rahayu 2 Pangandaran yang diikuti oleh 30 orang masyarakat yang berasal dari Desa Pangandaran dan Sindangkerta.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan Kepala  BBKSDA Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang KSDA wilayah III Ciamis yang sekaligus membuka acara tersebut, dilanjutkan dengan pemberian materi antara lain Kebijakan Pengelolaan Kawasan, Peraturan Perundang-Undangan   Kehutanan dan Tindak Pidana Kehutanan, Peran Pemerintah Daerah dalam Pembangunan khususnya Konservasi, Pembentukan Masyarakat Mitra Polhut, Dasar-Dasar Koservasi dan Pengenalan Tumbuhan dan Satwa Liar dilindungi.

Kegiatan Pembentukan MMP  ini  merupakan salah satu program kemitraan Balai Besar KSDA Jawa Barat untuk meningkatkan peran aktif dan partisipasi masyarakat dalam menjaga dan melestarikan kawasan konservasi CA,CAL dan TWA Pangandaran.

Hal itu sejalan dengan status kawasan konservasi Pananjung Pangandaran yang memiliki potensi keanekaragaman hayati khas hutan pantai dan mempunyai daya tarik wisata yang sangat indah serta diminati oleh wisatawan baik dalam maupun luar negeri, sehingga keberadaannya perlu dijaga dan dilestarikan.

Kegiatan ini juga mendapat respon yang baik dari Pemerintah Pangandaran serta peserta yang  sangat antusias menerima materi yang disampaikan pemateri.

Konservasi SDA bukan hanya tanggung jawab pemerintah dalam hal ini BBKSDA Jawa Barat akan tetapi tanggung jawab kita semua semoga.

Ayooooooo… jaga dan lestarikan kawasan Pananjung Pangadaran.