Penyerahan Satwa dari Kota yang Berbeda Lingkup BBKSDA Jabar

Pada hari Rabu, 2 Mei 2018, di tempat yang berbeda Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar Lingkup BBKSDA Jawa Barat telah menerima penyerahan satwa liar dari jenis yang berbeda pula.

Dari kantor Balai Besar KSDA Jawa Barat, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL BBKSDA Jawa Barat, telah menerima penyerahan sukarela anakan satwa liar yang dilindungi UU jenis Lutung Jawa (Trachypithecus auratus) jenis kelamin jantan sebanyak 1 (satu) ekor dari masyarakat berinisial MH, umur 22 tahun, pekerjaan mahasiswa beralamat di Dusun Limusnunggal RT 001 RW 001, Kel. Cikundul, Kec. Lembursitu, Kota Sukabumi,  kepada petugas BBKSDA Jawa Barat. Menurut pengakuan yang bersangkutan, satwa tersebut diperoleh dari temannya yang memelihara satwa tersebut, karena rasa kasihan yang bersangkutan membeli satwa tersebut dan memeliharanya selama satu hari dan kemudian menyerahkannya kepada BBKSDA Jawa Barat.

Dari Sukabumi, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL Seksi Konservasi Wilayah II Bogor telah menerima penyerahan 1 (satu) ekor ular Sanca kembang dalam keadaan sehat dari Polsek Sukabumi yang sebelumnya diserahkan oleh masyarakat Salabintana ke Polsek Sukabumi, satwa tersebut langsung kami titip rawatkan ke Pusat Penyelamatan Satwa Cikananga.

Sedang dari kota “Dodol” Garut, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL Seksi Konservasi Wilayah V Garut, telah menerima penyerahan sukarela anakan satwa liar yang dilindungi jenis Kukang (Nycticebus coucang) sebanyak 1 (satu) ekor dari masyarakat berinisal AG umur 32 tahun, pekerjaan wiraswasta beralamat Jl. Purbalayung II Blok D-37 RT/RW 003/009 Kelurahan/Desa Cisaranten Kulon Kecamatan Arcamanik, Kabupaten Bandung.  kepada petugas BBKSDA Jawa Barat (Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SK

Menurut pengakuan AG, satwa tersebut diperoleh dari Cilawu, Garut saat berkunjung ke rumah saudaranya. Dia mendapati satwa tersebut di rumah saudaranya yang diperoleh dari hasil pemberian seseorang seminggu yang lalu, kemudian dipelihara dengan memberi pakan sehari-hari berupa buah pisang hingga pada akhirnya atas inisiatif AG satwa diserahkan secara sukarela kepada Negara.

Penyerahan secara sukarela jenis-jenis satwa tersebut dari masyarakat kepada BBKSDA Jawa Barat dengan membawanya secara langsung mengindikasikan adanya kesadaran masyarakat terhadap kelestarian satwa di habitat alamnya yang meningkat dan tingginya kesadaran hukum masyarakat atas upaya yang sudah dilakukan selama ini, khususnya bagi jenis-jenis satwa dilindungi.