PKEK Dapat Kiriman Kardus Mencurigakan di Minggu Pagi..

Pada hari Minggu 29 Juli 2018 sekitar pukul 07.00 WIB, Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK) yang berada di kawasan Taman Wisata Alam Kamojang telah menerima sebuah bingkisan misterius, tepatnya di gerbang areal PKEK yang pada awalnya dikira sampah, namun setelah diamati oleh pengelola PKEK bingkisan kardus tersebut bergerak sendiri dan memancing kecurigaan pengelola.

Dengan penuh kehati-hatian, akhirnya bingkisan tersebut dibuka dan setelah dibuka hasilnya sangat mengejutkan karena didalamnya terdapat seekor Elang jawa muda (Nizaetus bartelsi). Selanjutnya dilakukan tindakan terhadap anakan Garuda tersebut dengan melakukan pemeriksaan kondisi fisik dan menempatkannya pada ruang penghangat di klinik PKEK. Berdasarakan hasil pemeriksaan, diperkirakan Elang jawa tersebut berumur kurang dari setahun dan sayap kirinya patah. Tindakan pemeriksaan dan evakuasi ini dibantu oleh mahasiswa jurusan kesehatan hewan IPB yang saat ini sedang melaksanakan praktek lapangan di PKEK.

Informasi tersebut diatas diperoleh dari Kepala Bidang KSDA Wilayah III Ciamis yang sebelumnya menerima laporan melalui pesan Whatsapp dari pengelola PKEK, Sdr. Zaini Rakhman : “Pagi ini ada kejadian yang unik… Sekitar jam 7:00, ketika kami duduk-duduk, ngobrol sambil berjemur ditemukan kardus tergeletak tepat digerbang pkek… awalnya kami pikir mungkin sampah, tapi kemudian kardus itu bergerak dan terguling sendirinya… segera kami cek dan ternyata isinya…. seekor elang jawa muda!”

Kejadian ini sangat langka terjadi, menimbulkan dugaan bahwa Elang tersebut diletakkan oleh masyarakat karena ketakutan terhadap konsekuensi hukum jika memelihara satwa liar yang Dilindungi Undang-undang.

Bercermin dari kejadian diatas, kami menghimbau agar masyarakat jangan ragu-ragu melaporkan jika memiliki informasi tentang keberadaan satwa liar yang Dilindungi Undang-undang atau menyerahkan satwa liar yang Dilindungi Undang-undang jika memeliharanya secara tidak sah kepada BKSDA setempat, jangan takut…