Polhut Cagar Alam Rawa Danau Sekarang Tidak Sendiri Lagi

Mengelola suatu kawasan konservasi mustahil dilakukan single fighter tanpa melibatkan pihak terkait, termasuk pihak swasta di dalamnya. PT Krakatau Tirta Industri (anak perusahaan PT. Krakatau Steel, Cilegon Banten) adalah salah satu pihak swasta yang bergerak di bidang pengolahan air bersih, dimana persero tersebut telah merasakan langsung manfaat dari keberadaan kawasan konservasi yaitu Cagar Alam (CA) Rawa Danau yang berada dibawah pengelolaan Seksi Konservasi Wilayah I Serang, Bidang KSDA Wilayah I Bogor Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Sebagai tanggung jawab PT. Krakatau Tirta Industri terhadap kawasan CA Rawa Danau, maka melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) nya, maka telah membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Jawa Barat dengan PT. Krakatau Tirta Industri tentang Pelestarian Sumber Daya Air di Kawasan Cagar Alam Rawa Danau dan Cagar Alam Gunung Tukung Gede.

Salah satu implementasi dari PKS tersebut adalah Pembinaan Pengamanan Hutan Swakarsa/ Masyarakat Mitra Polhut.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, yaitu tanggal 28-29 Nopember 2017 bertempat di Kantor Resor CA. Rawa Danau, Panenjoan Desa Luwuk Kec. Gunung Sari, Kab. Serang, yang diikuti oleh 12 orang peserta (dari 12 desa sekitar CA.Rawa Danau dan CA. Gunung Tukung Gede).

Adapun materi yang disampaikan antara lain :
– Pengantar tentang Konservasi Sumber Daya Aalam dan Ekosistem,
– Pelestarian Sumber Daya Air,
– Tugas dan Tanggung Jawab Pamhut Swakarsa/MMP,
– Pengenalan alat dan perlengkapan patroli,
– Teknik pemadaman kebakaran hutan dan lahan.
dengan narasumber terdiri dari Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Serang, Kepala Seksi Air Baku PT. KTI dan Kepala Unit Binmas Polsek Pabuaran.

Dengan adanya pelibatan masyarakat di sekitar kawasan konservasi Cagar Alam Rawa Danau ini dalam pengamanan kawasan, diharapkan dapat menurunkan tingkat gangguan terhadap kawasan konservasi, dan sekarang Balai Besar KSDA Jawa Barat tidak sendirian lagi dalam mengamankan kawasan Cagar Alam Rawa Danau.