Primata Asli Jawa Barat Diserahkan Masyarakat

Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL Seksi Konservasi Wilayah III Bandung, 2 (dua) hari berturut-turut telah menerima penyerahan satwa liar yang Dilindungi Undang-undang yang berbeda jenis.

Senin, 16 Juli 2018, masyarakat berinisial I yang berasal dari daerah Kampung Babakan Muncang 02/03, Desa Padaasih Kec. Cisarua Kab. Bandung Barat Barat telah menyerahkan kukang (Nycticebus coucang) dimana penampakan secara fisik sehat. Menurut pengakuan I, Kukang tersebut baru dipelihara selama 2 hari yang didapat dari temannya yang membawanya dari daerah Cililin Kabupaten Bandung Barat, saat ini Kukang tersebut masih dirawat dikandang transit kantor Bidang KSDA Wilayah II Soreang;

Keesokan harinya, tepatnya pada hari Selasa, 17 Juli 2018, seekor satwa endemik Jawa Barat yaitu Surili (Presbytis comata) diserahkan oleh perwakilam PLN unit Cisokan, Kabupaten Bandung Barat, yang diwakili oleh Bapak Heri (Asmen Area PLN), berdasarkan informasi dari pihak PLN unit Cisokan Surili tersebut berasal dari masyarakat sekitar lokasi proyek Cisokan, Kabupaten Bandung Barat yang kemudian dipelihara oleh PLN unit Cisokan selama kurang lebih 2 (dua) bulan.

Dari hasil pemeriksaan sementara, Surili tersebut berjenis kelamin jantan dan dalam keadaan sehat dicirikan dengan pergerakan lincah. Satwa tersebut saat ini dititip rawat di The Aspinall Foundation untuk direhabilitasi.