Seekor Macan Kumbang Dievakuasi dari Pemukiman Penduduk

Bandung, 1 Juni 2019

Hari Sabtu, tanggal 1 Juni 2019 warga di Desa Cimalingping, Kec. Kasomalang, Kab. Subang dihebohkan dengan kehadiran seekor macan kumbang yang berkeliaran di permukiman penduduk.

Informasi yang viral di media sosial ini kemudian direspons oleh Balai Besar KSDA Jawa Barat dengan menurunkan Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL dibantu oleh petugas dari Kebun Binatang Bandung.

Upaya evakuasi dan penyelamatan satwa yang dilindungi tersebut berhasil dilakukan sekitar pukul 15.30 WIB. Macan kumbang tersebut dapat diselamatkan, walaupun ada luka di kaki kanan bagian belakang yang kemungkinan akibat terkena pagar pada saat satwa tersebut meloncati pagar.

Saat ini satwa langka tersebut telah dievakuasi ke Kebun Binatang Bandung untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Kesehatan macan kumbang tersebut akan terus dimonitor, sembari mencari lokasi pelepasliaran yang aman dan sesuai guna mengantisipasi sifat macan kumbang tersebut yang masih liar.

Apresiasi tentunya perlu diberikan kepada berbagai pihak yang telah bersama-sama membantu upaya evakuasi dan penyelamatan karnivora besar tersebut seperti Polres Subang, Polsek Jalan Cagak, Kebun Binatang Bandung, Pemerhati Satwa, JAAN, masyarakat sekitar, serta seluruh netizen yang turut memviralkan informasi ini sehingga respons cepat dapat dilakukan.