Silaturahim di Desa Penyangga Suaka Margasatwa Gunung Sawal

Berita kali ini datang dari timur parahyangan, tepatnya dari Seksi Konservasi Wilayah VI Tasikmalaya Bidang KSDA Wilayah III Ciamis yang baru saja melaksanakan pertemuan dengan Muspika Cihaurbeti, tokoh masyarakat desa Pasirtamiang, dan instansi pemerintah lainnya yang difasilitasi oleh Forum Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan Kecamatan Cihaurbeuti dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2018 bertempat di Desa Pasirtamiang, Kecamatan Cihaurbeuti.

Beberapa bahasan yang didiskusikan pada pertemuan itu diantaranya terkait dengan posisi Desa Pasirtamiang yang berbatasan langsung dengan kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal yang masih digolongkan sebagai desa tertinggal.  Hal ini menjadi tantangan bagaimana memaksimalkan potensi yang dapat dikembangkan untuk mengejar ketertinggalan Desa Pasirtamiang dengan desa lainnya yang berada disekitar kawasan.

Beberapa potensi yang dapat dikembangkan diantaranya dengan memanfaatkan potensi air terjun sebagai objek wisata, pengembangan produksi tanaman bambu untuk dijadikan peralatan rumah tangga dan kebutuhan lainnya, serta pemanfaatan hasil hutan non kayu dengan memanfaatkan air nira untuk diadikan gula merah. Sehingga ini dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang akan berimplikasi pada peningkatan potensi desa.

BBKSDA Jawa Barat melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI, Didin Syarifudin, S.Sos menyampaikan bahwa sebagai kawasan konservasi yang pengelolaanya dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah pusat, dalam waktu dekat akan dilakukan Penataan Kawasan. Penataan kawasan ditujukan untuk membagi kawasan dengan istilah blok menjadi beberapa blok sesuai potensi dan tingkat kerentananya. Pada kesempatan yang sama Didin juga menyampaikan bahwa perlu kerjasama para pihak dalam pelestarian Suaka Margasatwa Gunung Sawal.

Forum Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan selaku fasilitator pada pertemuan menyampaikan harapan agar BUMDES dan BBKSDA Jabar dapat memberikan dukungan dalam pembangunan dan pengembangan kegiatan desa sesuai dengan fungsinya.

Pada kesempatan itu juga, diberikan penghargaan kepada BBKSDA Jawa Barat melalui Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI oleh Forum Lahan Kritis dan Ketahanan Pangan Kecamatan Cihaurbeuti atas peran dan partisipasi aktif BBKSDA Jabar dalam membantu program kerja forum tersebut.