Tokoh Masyarakat di Garut Dukung Upaya Pelestarian Kawasan Konservasi

Garut, 14 Juni 2019

Pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2019 lalu, Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) V Garut, Purwantono beserta personil Resor KSDA Wilayah XVI Papandayan, melakukan anjangsana ke salah satu kelompok masyarakat di kaki Gunung Papandayan yaitu Pusat Brigade Mukhtarul Faizien (Fauzan VII) yang berada di Desa Padamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut. Anjangsana tersebut dilakukan dalam rangka silaturahmi dengan tokoh masyarakat setempat berpengaruh agar CA/TWA Gunung Papandayan sebagai salah satu kawasan yang dikelola Balai Besar KSDA Jawa Barat dapat terjaga keutuhan dan kelestariannya melalui peran kemitraan dari masyarakat setempat.

Pada kesempatan tersebut, Purwantono bertemu dengan Ketua Umum Pusat Brigade Mukhtarul Faizien (Fauzan VII), yaitu KH Bubuh Hasbulloh yang dikenal akrab dengan sebutan ‘Pangersa’. Pangersa yang didampingi oleh beberapa anggotanya saat itu berbicara seputar organisasi yang dipimpinnya, peran organisasinya turut mencerdaskan masyarakat dan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

Momen langka tersebut juga digunakan oleh Purwantono untuk mensosialisasikan Peraturan Menteri Kehutanan Nomor P.64/Menhut-II/2013 tentang Pemanfaatan Air dan Energi Air di Suaka Margasatwa, Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam. Sosialisasi tersebut dilakukan mengingat Pusat Brigade Mukhtarul Faizien (Fauzan VII) dan Garut Foundation juga mengajukan permohonan izin pemanfaatan air dari Sungai Cipanday di kawasan TWA Gunung Papandayan (Kawah Darajat) untuk kebutuhan non komersial/konsumsi bagi warga masyarakat, bukan untuk kepentingan komersial atas nama siapapun pada 7 (tujuh) desa di Kecamatan Sukaresmi yaitu Desa Padamukti, Sukaresmi, Cintadamai, Mekarjaya, Sukalilah, Sukamulya dan Sukajaya yang keseluruhannya di wilayah Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut.

Apresiasi dan ucapan terima kasih disampaikan oleh Pangersa kepada pihak Balai Besar KSDA Jawa Barat karena dengan diakomodirnya izin pemanfaatan air tersebut, maka nantinya masyarakat akan secara sah dan legal dapat memanfaatkan air dari dalam kawasan TWA Gunung Papandayan (Kawah Darajat). Sebagai wujud kepedulian dan perhatian terhadap kawasan konservasi, Pangersa siap membantu Balai Besar KSDA Jawa Barat dalam upaya turut menjaga keutuhan dan kelestarian kawasan konservasi, khususnya CA/TWA Papandayan, di antaranya dengan mengikusertakan anggotanya dalam patroli bersama dan penyuluhan/sosialisasi kepada masyarakat sekitar ataupun pihak-pihak lain yang terkait sebagaimana yang pernah dilakukan pada waktu-waktu sebelumnya.