TSI Ketitipan Satwa dari BBKSDA Jawa Barat

Hari ini; Jumat, 2 Februari 2018, Taman Safari Indonesia-Cisarua, mendapat titipan satwa liar dilindungi hasil penyerahan dari masyarakat berupa Burung Kakaktua jambul kuning (Cacatua sulphurea) sebanyak 1 (satu) ekor  dan  1 (satu) ekor  Kukang (Nycticebus coucang), berjenis kelamin jantan.

Satwa-satwa tersebut, merupakan hasil penyerahan masyarakat bernisial ES seorang karyawan swasta yang beralamat di Kampung Jatimulya RT 010 RW 004 Desa Situ Kec. Pondoksalam Kab. Purwakarta pada hari Rabu tanggal 17 Januari 2018 sekira pukul 11.05 WIB.

Menurut penuturan yang bersangkutan, satwa-satwa tersebut ditemukan disekitar rumahnya yangg diduga kabur dari pemiliknya, dan mengetahui bahwa satwa tsb dilindungi undang undang, maka secara spontan satwa tersebut diserahkan kepada Negara melalui Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL SKW IV Purwakarta, dimana kantor SKW IV Purwakarta kebetulan berada tidak jauh dari tempat tinggalnya.

Sebelum dititiprawatkan ke TSI, kedua satwa tersebut berada di kantor SKW IV Purwakarta untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Akhirnya, dikarenakan keterbatasan sarana prasarana perawatan satwa dan dengan pertimbangan animal welfare, maka pada hari ini, kedua satwa tersebut selanjutnya dititip rawatkan di Taman Safari Indonesia untuk mendapat perawatan lebih baik

Menilik kasus penyerahan satwa-satwa tersebut diatas dan penuturan yang bersangkutan, menunjukkan bahwa masyarakat saat ini sudah mulai melek akan jenis-jens satwa yang Dilindungi, kondisi ini sebagai dampak positif dengan semakin maraknya pemberitaan dan sosialisasi melalui berbagai media sosial khususnya oleh Kementerian LHK dan organisasi masyarakat yang peduli terhadap satwa liar.